SERVICE EXCELLENT - Tukang Ledeng yang Menjadi General Manager




Christopher L Junior adalah seorang tukang ledeng. Suatu hari bos Mercedez Benz mempunyai masalah dengan kran air di rumahnya. Kran itu selalu bocor hingga dia khawatir anaknya terpeleset jatuh. Atas rekomendasi seorang temannya Mr. Benz menelepon seorang tukang ledeng untuk memperbaiki kran miliknya. Perjanjian perbaikan ditentukan dua hari kemudian karena si tukang ledeng cukup sibuk. Si tukang ledeng tidak tahu  bahwa si penelepon adalah bos pemilik perusahaan mobil terbesar di Jerman. 

Satu hari setelah di telepon Mr. Benz si tukang ledeng menghubungi Mr. Benz untuk menyampaikan terima kasih karena sudah bersedia menunggu satu hari lagi. Bos Mercy-pun kagum atas pelayanan dan cara bicara si tukang ledeng. Pada hari yang telah disepakati si tukang ledeng datang ke rumah Mr Benz dan memperbaiki kran yang bocor. Setelah memperbaikinya tukang ledeng ini menerima pembayaran atas jasanya dan pulang ke rumahnya.

Sekitar dua minggu  setelah hari itu, si tukang ledeng menghubungi Mr. Benz lagi untuk menanyakan apakah krannya sudah benar-benar beres atau masih timbul masalah. Apakah reaksi Mr. Benz? Dia berpikir pasti orang ini orang hebat walaupun hanya seorang tukang ledeng saja. Mr. Benz menjawab di telepon bahwa kran di rumahnya sudah benar-benar beres dan mengucapkan terima kasih atas pelayanan si tukang ledeng tersebut.

Tahukah anda bahwa beberapa bulan kemudian Mr. Benz merekrut si tukang ledeng itu untuk bekerja di perusahaannya? Si tukang ledang yang bernama Christopher L Junior saat ini menjabat sebagai  General Manager  Customer Satisfaction  and Public  Relation di Mercedez Benz. 

Apa pelajaran yang bisa kita teladani dari kisah diatas:
1.  Bekerja sepenuh hati
    Sekecil apapun pekerjaan kita kerjakanlah dengan penuh tanggungjawab. Artinya kita meletakkan       tugas pekerjaan kita sebagai prioritas utama. Dengan begitu setiap tugas pasti terselesaikan sampai     tuntas dan tepat waktu. Kita juga akan di nilai cakap dan profesional dalam pekerjaan kita.

2. Pelayanan yang Excellent   
   Excellent berarti ada sesuatu yang lebih dari yang seharusnya, tidak hanya tepat tapi lebih. Si              tukang ledeng sebenarnya hanya berkewajiban memperbaiki kran, tapi dia memberi lebih dengan        menelepon sehari sebelum hari yang disepakati dan menelepon dua minggu setelah memperbaiki
   kran air itu. Nah, berilah pelayanan yang  excellent buat pelanggan kita dan juga atasan kita.                Dengan begitu mereka akan terpuaskan.

3. Kualitas tidak pernah bohong
  Pekerjaan memang “hanya” tukang ledeng, tapi bagi bos Mercedez Benz kualitas pelayanannya           adalah seorang Manager. Pertanyaannya adalah bagaimana kualitas kita dimata atasan kita dan           orang lain? Apapun jabatan  kita, kualitas kita lah yang terlihat. Jadi mari berlomba meningkatkan       kualitas diri kita. 

“SIAPAPUN ANDA, JADILAH SEORANG YANG TERBAIK.”
-Abraham Lincoln-

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Teknisi Jaringan

SALES MEDIA CETAK (SURABAYA DAN MALANG)

SALES EXECUTIVE ( Area Surabaya )