Tips Mencari Kerja di Internet #1

Salam Mitra!

Selamat pagi rekan-rekan Jobseekers! Bagaimana kabarnya?

Pagi-pagi begini semoga rekan-rekan masih semangat untuk terus mencari kerja ya. Semangaat !!!

Beberapa waktu lalu kami iseng mencari kataMitra Kerja Utama” di Google, kemudian terdapat sebuah link dari sebuah website ternama dan terpercaya, Kaskus. Berikut link-nya: Mitra Kerja Utama di Kaskus
Di thread tersebut tertulis bahwa ada seseorang yang menanyakan tentang perusahaan Mitra Kerja Utama. Akan tetapi di bagian bawah, seorang user bernama “upilku” berkata bahwa Mitra Kerja Utama adalah sebuah perusahaan PENIPU, bahkan ia mengeluarkan kata-kata yang cukup kasar.

Bagaimana menurut anda?

Ya, apabila anda membaca lebih jauh thread tersebut, anda akan menemukan bahwa terdapat seorang user lain yang dengan nama “Bekasiboycoy” yang menulis bahwa mungkin nama perusahaan yang dimaksud user upilku bukanlah MITRA KERJA UTAMA (MKU), tetapi nama perusahaan lain yang mirip dan memang sudah terkenal sebagai perusahaan yang tidak jujur.

Oleh karena itu, kali ini kami ingin membagikan beberapa tips yang dapat anda lakukan saat anda mencari kerja di internet!

Sumber Gambar
1. Biasakan membaca

Pada kasus yang sudah kami bahas diatas, sepertinya user upilku tidak membaca sepenuhnya tentang MKU, bahkan ia mengutarakan bahwa MKU adalah perusahaan penipu di media internet yang notabene akan dibaca oleh banyak orang dan dapat mencoreng nama yang bersangkutan. Kemudian, contoh lain dapat anda lihat dalam screenshot ini:


Bisa dilihat bahwa ada pembaca yang memberikan komentar dan bertanya tentang nomor HP yang bisa dihubungi, padahal terpampang jelas bahwa ada nomor dengan tulisan besar di atasnya.

Anda tidaklah harus menjadi kutu buku, anda tidaklah harus berpendidikan tinggi, anda hanya harus memiliki keinginan untuk membaca saja sudah sangat cukup. Dengan mau membaca, maka pengetahuan anda akan semakin luas dan andapun akan menjadi semakin pintar, loh.

2. Penggunaan Media Sosial
Sumber Gambar

Seperti yang sudah pernah kami tulis beberapa bulan lalu, bahwa perusahaan banyak merekrut lewat media sosial. Oleh karena itu, kami tekankan lagi saudara-saudara jobseekers sekalian: “Apa yang anda tulis di media sosial menggambarkan diri anda!”. Untuk lebih lengkapnya, anda dapat membaca artikel kami tentang media sosial di link berikut ini: Fakta Mengejutkan: Media Sosial dan Rekrutmen!

Apabila anda berteman di Facebook dengan sebuah akun perusahaan incaran, kemudian anda menulis status-status “galau” terus menerus, perusahaan dapat menilai anda sebagai seorang yang selalu galau dan tampak tidak memiliki semangat, oleh karena itu: bagaimana perusahaan dapat merekrut anda apabila anda tidak memiliki semangat?

Selain itu, saat anda menulis hal-hal yang tidak pantas pada kolom komentar, Wah… Kalau begitu sih sudah keterlaluan dan perusahaan tidak akan melirik profil media sosial anda, apalagi tertarik pada anda.

3. Mengenali  perusahaan penipu dan fiktif 

Sumber Gambar
Terlepas dari semua hal diatas, terdapat banyak sekali orang yang masih mencari uang dengan menipu orang lain. Oleh karena itu, kita harus waspada dan teliti. Misalnya, dalam link berikut: Lowongan Pekerjaan Fiktif,  

Pada link tersebut, terdapat sebuah iklan lowongan pekerjaan di sebuah perusahaan skala internasional yang bergerak di bidang migas. Bisa anda lihat, ia menyertakan alamat e-mail yang dapat ditujukan saat mengirim lamaran kerja. Tapi apabila anda perhatikan dengan cermat, lihatlah tulisan yang sudah kami garis merah berikut ini:



Dapat anda lihat, bahwa alamatnya memiliki domain alumni.com. Apakah anda tahu domain itu apa

Simpelnya, domain adalah alamat website dimana e-mail tersebut dibuat. Misalkan, apabila anda membuat alamat e-mail di website gmail.com, maka e-mail anda akan memiliki domain @gmail.com.

Lalu, sebuah perusahaan besar pada umumnya memiliki website resmi. Kemudian karyawan yang bekerja pada perusahaan tersebut pasti akan memiliki domain dari website resmi perusahaan yang dimaksud. Jadi, bilanglah nama anda Badu, dan anda bekerja di sebuah perusahaan bernama PT Maju Mundur. Perusahaan anda tersebut memiliki sebuah website resmi yang beralamat www.majumundur.com. Maka dari itu, minimal anda akan memiliki e-mail dengan domain dari website tersebut, contohnya: badu@majumundur.com

Nah, apabila kita perhatikan kembali alamat e-mail pada lowongan kerja perusahaan migas tadi, ia memiliki domain "…@alumni.com". Nah, apabila kita mengecek ke Google dan mengetik www.alumni.com, maka apa yang didapatkan? Berikut screenshot-nya:


Ya, bukan website resmi perusahaan migas tersebut yang didapatkan, tetapi sebuah website yang kami sendiri tidak tahu apa.

Jadi, untuk poin ini, kami menyarankan dua tips:

a. Apabila iklan lowongannya memiliki alamat e-mail yang dapat ditujukan untuk melamar kerja, cek domain-nya!!!

b. Apabila iklan lowongannya memiliki alamat e-mail dengan domain yang tidak sama dengan nama perusahaannya, itu patut untuk dicurigai. Anda bisa memeriksanya dengan menuliskan nama perusahaan sekaligus alamat e-mailnya di Google dan membaca dengan seksama tentang informasi yang terkait.

Jobseekers, kali ini kami tidak terlalu banyak menulis tips karena ini adalah bagian dari serangkaian tips yang akan kami bagikan di masa depan dan pantengi terus blog ini untuk mendapatkan tips-tips yang sangat berguna bagi kalian ^^


So, Happy Hunting !!!!

\(^o^)/ \(^o^)/ \(^o^)/\(^o^)/ \(^o^)/ \(^o^)/

Komentar

Postingan populer dari blog ini

SALES MEDIA CETAK (SURABAYA DAN MALANG)

Teknisi Jaringan

SALES EXECUTIVE ( Area Surabaya )