5 Kesalahan (Teknis) paling Umum dalam CV


Salam Mitraaaaaaaa.....!!!!!!!
Apa kabar semuanya? 

Kami harap anda semua baik-baik saja ya setelah kemarin banyak makan daging saat Idul Adha! Hehehe….

Untuk kali ini, kami ingin membagikan banyak info yang pastinya dapat berguna bagi teman-teman semua. 

Apakah anda memiliki CV? CV seperti apa yang anda gunakan dalam melamar kerja? Apakah anda yakin CV anda sudah baik?

Sebenarnya tidak ada standar ISO atau standar internasional yang mengharuskan sebuah CV harus seperti ini atau harus seperti itu. Pada intinya, sebuah CV haruslah baik karena intinya CV adalah interview pertama anda dan juga alat untuk menjual diri anda!

Ya, saat anda mengirimkan CV untuk melamar pekerjaan, itu artinya anda sedang menjual diri anda agar direkrut oleh perusahaan incaran anda. Oleh karena itu, CV anda harus dibuat sebaik mungkin! Akan tetapi, masih ada saja kesalahan-kesalahan teknis yang dapat membuat rekruter (perwakilan dari perusahaan yang membaca CV dan sekaligus mewawancarai anda) malas karena CV yang banyak kesalahan.

Berikut ini kami kumpulkan lima (5) kesalahan yang paling umum kami temukan dalam CV :

1. Menempatkan tahun pengalaman kerja, organisasi, dan pendidikan dari yang paling awal. Contoh:


Seharusnya:




Jadi, mulai sekarang biasakan meletakan tahun mulai dari yang paling terakhir anda jalani agar rekruter dapat langsung tahu apa pekerjaan/organisasi/pendidikan terakhir anda, tahun berapa, dan dengan sususan seperti ini, CV anda akan lebih mudah untuk dibaca.

2. Memasukan pendidikan terlalu jauh (ini sering sekali kami temukan) dan juga menempatkan pendidikan dari yang paling awal. Contoh:




Hal ini adalah kesalahan yang paling umum yang pernah kami temukan. Perlu diperhatikan dalam tabel diatas, kesalahannya adalah ia memasukan riwayat pendidikannya semenjak ia masih TK. Untungnya, si pelamar menulis tahun di paling depan kalimat/tabel sehingga mudah terlihat oleh rekruter (hal ini perlu anda contoh). Tetapi, sayangnya si pelamar juga terbalik dalam memasukan tahun; ia memasukan tahun mulai dari yang paling awal dalam hidupnya; seharusnya juga diterapkan seperti poin pengalaman kerja, yaitu mulai dari yang paling baru.


Selain itu, anda tidak perlu memasukan riwayat pendidikan anda semenjak TK. Biasakan memasukan hanya DUA PENDIDIKAN TERAKHIR saja. Jadi apabila anda lulusan SMA/SMK, masukan SMA/SMK dan SLTP/SMP saja; apabila anda lulusan D3 berarti masukan SMA/SMK dan D3 saja; dan apabila anda lulusan S1 berarti masukan SMA/SMK/D3 dan S1 anda saja. Contoh:



3. CV anda masih ditulis tangan
Ini adalah sesuatu yang sangat beresiko bagi diri anda sehingga masih bisa dianggap sebagai sebuah kesalahan. Anda tahu mengapa? Mari kita lihat contoh berikut:



Apakah anda dapat membaca tulisan tersebut? Mungkin beberapa dari kalian dapat membacanya, tapi kami yakin sebagian besar akan sulit untuk membacanya. 

Ya, itulah resiko mengapa anda sebaiknya tidak menulis tangan CV anda: CV anda kemungkinan tidak bisa dibaca. Kami tidak berkata bahwa tulisan anda bagus atau jelek, tapi yang kami tekankan adalah, CV yang ditulis tangan juga menggambarkan bahwa anda berarti tidak mau berusaha untuk mengetik CV anda. Apabila anda tidak memiliki komputer atau laptop, menumpanglah pada komputer atau laptop teman anda. Apabila anda tidak bisa mengetik, minta tolonglah pada teman anda yang bisa untuk mengetikan. Apabila anda tidak memiliki teman yang bisa mengetik, modal-lah sedikit dengan membayar seorang juru ketik di rental komputer. Intinya, banyak cara yang dapat dilakukan agar CV anda dapat terbaca.

Sumber Pas Foto 1
4. Menggunakan foto selfie untuk pas foto CV anda
Ini juga salah satu kesalahan yang sering kami temukan, yaitu sering kali kami menemukan CV yang menggunakan foto selfie atau foto narsis sebagai pas fotonya. 
Hal ini perlu ditekankan bahwa pas foto dalam CV adalah foto penampakan anda saat bekerja, atau dengan kata lain: gunakan foto anda yang terlihat seperti profesional. Apabila anda tidak memiliki modal untuk pas foto di studio foto, foto lah menggunakan kamera HP anda. Apabila anda tidak memiliki kamera pada HP anda, pinjam HP teman anda (asal jangan dibawah pulang yah, hehe). Apabila anda tidak memiliki teman yang punya HP berkamera, minta fotokan pada petugas tempat anda mencetak foto. Masih sama seperti poin diatas, banyak cara untuk menuju syurga :)
 
Salah satu contoh pas foto menggunakan HP yang dapat diapresisasi seperti berikut:


Sumber Pas Foto 2

Pas foto pun tidak selalu harus yang kaku dari depan seperti ini:


Sumber Pas Foto 3

Pas foto juga bisa dari samping seperti:

Sumber Pas Foto 4
Sumber Pas Foto 6















5. Banyaknya kesalahan penulisan atau kesalahan tanda baca
Bayangkan berapa banyak CV dan Lamaran Kerja yang masuk ke dalam suatu perusahaan setiap bulannya? Artinya, seorang rekruter (orang yang biasa merekrut dengan review CV dan melakukan wawancara) bisa membaca ribuan CV setiap bulannya. 
 
Kemampuan ini kemudian akan menjadi kelebihan bagi rekruter untuk membaca karakter anda dari CV karena terbiasa membaca CV dan mewawancara orang yang mengirim CV tersebut. Apabila anda melakukan kesalahan penulisan atau tanda baca seperti contoh berikut ini:

Apakah anda dapat menemukan kesalahan penulisan atau kesalahan tanda baca dari contoh CV diatas?



Ya, apabila anda perhatikan ia menuliskan kata “PENGELAMAN”, padahal seharusnya “PENGALAMAN”. Kesalahan seperti itu dapat diartikan bahwa anda adalah orang yang tidak teliti dan tidak mau ribet (karena tidak mau mengecek kembali CV anda), dan perusahaan pun akan enggan merekrut seseorang yang tidak teliti.



Untuk itulah, mulai sekarang periksa kembali CV anda, apakah anda sudah tidak melakukan kesalahan-kesalahan seperti yang sudah kami sebutkan diatas? 


Selain itu, perlu anda ketahui bahwa kami Mitra Kerja Utama selalu membuka:


Walk-in Interview dan Training

Setiap hari Selasa dan Kamis

Jam 08.00 – 12.00

Bertempat di PT Mitra Kerja Utama

Wisma 76 Lantai 18

Jl. S. Parman Kav. 76

Slipi – Jakarta Barat


Nah, seperti yang anda lihat bahwa dalam setiap sesi Walk-in Interview, kami pasti mengadakan sesi training yang kebetulan untuk bulan Oktober ini temanya adalah “Sukses dalam Penulisan CV dan Lamaran Kerja”. 


Jadi, apabila anda ingin tahu bagaimana isi CV yang baik, seperti apa contoh-contohnya, apa saja yang harus ditulis dalam CV, dan tips-tips CV lainnya. Kami sarankan anda untuk hadir!

Sekaligus “Menyelam minum air” yang artinya “Sembari anda melamar kerja, anda juga mendapatkan bekal ilmu dalam mencari pekerjaan”.


Jadi, sampai ketemu di Selasa dan Kamis yaaaa…. !!!!


Salam Mitra.

Komentar

  1. yang menjadi perbedaan di contoh mengenai 1. Menempatkan tahun pengalaman kerja, organisasi, dan pendidikan dari yang paling awal, apa ya????

    Tolong diperhatikan ya...
    Terimakasih.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Halo Putra Dolok,

      Wah, anda memang seorang yang teliti! Hebaaaatt!

      Anda satu-satunya pembaca yang memperhatikan hal tersebut dan berkomentar! Hebaaatt!

      Terima kasih atas partisipasinya :) :) :) :)

      Hapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

SALES MEDIA CETAK (SURABAYA DAN MALANG)

Teknisi Jaringan

SALES EXECUTIVE ( Area Surabaya )