5 Kesalahan (Teknis) paling Umum dalam CV
Salam Mitraaaaaaaa.....!!!!!!!
Apa kabar semuanya?
Kami harap anda semua baik-baik saja ya setelah kemarin
banyak makan daging saat Idul Adha! Hehehe….
Untuk kali ini, kami ingin membagikan banyak info yang
pastinya dapat berguna bagi teman-teman semua.
Apakah anda memiliki CV? CV seperti apa yang anda gunakan
dalam melamar kerja? Apakah anda yakin CV anda sudah baik?
Sebenarnya tidak ada
standar ISO atau standar internasional yang mengharuskan sebuah CV harus
seperti ini atau harus seperti itu. Pada intinya, sebuah CV haruslah baik karena intinya CV adalah interview pertama anda dan juga alat untuk menjual diri anda!
Ya, saat anda mengirimkan CV untuk melamar pekerjaan, itu
artinya anda sedang menjual diri anda
agar direkrut oleh perusahaan incaran anda. Oleh karena itu, CV anda harus dibuat sebaik mungkin! Akan tetapi, masih ada saja kesalahan-kesalahan teknis yang dapat
membuat rekruter (perwakilan dari
perusahaan yang membaca CV dan sekaligus mewawancarai anda) malas karena CV yang banyak kesalahan.
Jadi, mulai sekarang biasakan meletakan tahun mulai dari yang paling terakhir anda jalani agar rekruter dapat langsung tahu apa pekerjaan/organisasi/pendidikan
terakhir anda, tahun berapa, dan dengan sususan seperti ini, CV anda akan lebih
mudah untuk dibaca.
2. Memasukan pendidikan terlalu jauh (ini sering sekali kami temukan) dan juga menempatkan pendidikan
dari yang paling awal. Contoh:
Hal ini adalah kesalahan
yang paling umum yang pernah kami temukan. Perlu diperhatikan dalam tabel
diatas, kesalahannya adalah ia memasukan
riwayat pendidikannya semenjak ia masih TK. Untungnya, si pelamar menulis tahun di paling depan kalimat/tabel sehingga mudah terlihat oleh rekruter (hal ini perlu anda contoh). Tetapi,
sayangnya si pelamar juga terbalik dalam
memasukan tahun; ia memasukan tahun mulai dari yang paling awal dalam
hidupnya; seharusnya juga diterapkan seperti poin pengalaman kerja, yaitu mulai dari yang paling baru.
Selain itu, anda tidak
perlu memasukan riwayat pendidikan anda semenjak TK. Biasakan memasukan hanya
DUA PENDIDIKAN TERAKHIR saja. Jadi apabila anda lulusan SMA/SMK, masukan
SMA/SMK dan SLTP/SMP saja; apabila anda lulusan D3 berarti masukan SMA/SMK dan
D3 saja; dan apabila anda lulusan S1 berarti masukan SMA/SMK/D3 dan S1 anda
saja. Contoh:
3. CV anda masih ditulis
tangan
Ini adalah sesuatu
yang sangat beresiko bagi diri anda sehingga masih bisa dianggap sebagai sebuah kesalahan. Anda
tahu mengapa? Mari kita lihat contoh berikut:
Apakah anda dapat membaca tulisan tersebut? Mungkin beberapa
dari kalian dapat membacanya, tapi kami yakin sebagian besar akan sulit untuk membacanya.
Ya, itulah resiko mengapa anda sebaiknya tidak menulis
tangan CV anda: CV anda kemungkinan
tidak bisa dibaca. Kami tidak berkata bahwa tulisan anda bagus atau jelek,
tapi yang kami tekankan adalah, CV yang ditulis tangan juga menggambarkan bahwa anda berarti tidak mau berusaha untuk
mengetik CV anda. Apabila anda tidak memiliki komputer atau laptop,
menumpanglah pada komputer atau laptop teman anda. Apabila anda tidak bisa
mengetik, minta tolonglah pada teman anda yang bisa untuk mengetikan. Apabila
anda tidak memiliki teman yang bisa mengetik, modal-lah sedikit dengan membayar
seorang juru ketik di rental komputer. Intinya, banyak cara yang dapat
dilakukan agar CV anda dapat terbaca.
Sumber Pas Foto 1 |
Ini juga salah satu kesalahan yang sering kami temukan,
yaitu sering kali kami menemukan CV yang menggunakan foto selfie atau foto narsis sebagai pas fotonya.
Hal ini perlu ditekankan bahwa pas foto dalam CV adalah foto penampakan anda saat bekerja, atau
dengan kata lain: gunakan foto anda yang terlihat seperti profesional. Apabila
anda tidak memiliki modal untuk pas foto di studio foto, foto lah menggunakan
kamera HP anda. Apabila anda tidak memiliki kamera pada HP anda, pinjam HP
teman anda (asal jangan dibawah pulang yah, hehe). Apabila anda tidak memiliki
teman yang punya HP berkamera, minta fotokan pada petugas tempat anda mencetak
foto. Masih sama seperti poin diatas, banyak
cara untuk menuju syurga :)
Salah satu contoh pas foto menggunakan HP yang dapat
diapresisasi seperti berikut:
Sumber Pas Foto 2 |
Pas foto pun tidak selalu harus yang kaku dari depan seperti
ini:
Sumber Pas Foto 3 |
Pas foto juga bisa dari samping seperti:
Sumber Pas Foto 4 |
Sumber Pas Foto 6 |
5. Banyaknya kesalahan penulisan atau kesalahan tanda baca
Bayangkan berapa banyak CV dan Lamaran Kerja yang masuk ke dalam suatu perusahaan setiap bulannya? Artinya, seorang rekruter (orang yang biasa merekrut dengan review CV dan melakukan wawancara) bisa membaca ribuan CV setiap bulannya.
Kemampuan ini kemudian akan menjadi kelebihan bagi rekruter untuk membaca karakter anda dari CV karena terbiasa membaca CV dan mewawancara orang yang mengirim CV tersebut. Apabila anda melakukan kesalahan penulisan atau tanda baca seperti contoh berikut ini:
Apakah anda dapat menemukan kesalahan penulisan atau
kesalahan tanda baca dari contoh CV diatas?
Ya, apabila anda perhatikan ia menuliskan kata “PENGELAMAN”, padahal seharusnya “PENGALAMAN”.
Kesalahan seperti itu dapat diartikan bahwa anda adalah orang yang tidak teliti
dan tidak mau ribet (karena tidak mau mengecek kembali CV anda), dan perusahaan
pun akan enggan merekrut seseorang yang tidak teliti.
Untuk itulah, mulai sekarang periksa kembali CV anda, apakah
anda sudah tidak melakukan kesalahan-kesalahan seperti yang sudah kami sebutkan
diatas?
Selain itu, perlu anda ketahui bahwa kami Mitra Kerja Utama
selalu membuka:
Walk-in Interview dan Training
Setiap hari Selasa dan Kamis
Jam 08.00 – 12.00
Bertempat di PT Mitra Kerja Utama
Wisma 76 Lantai 18
Jl. S. Parman Kav. 76
Slipi – Jakarta Barat
Nah, seperti yang anda lihat bahwa dalam setiap sesi Walk-in Interview, kami pasti mengadakan
sesi training yang kebetulan untuk
bulan Oktober ini temanya adalah “Sukses
dalam Penulisan CV dan Lamaran Kerja”.
Jadi, apabila anda
ingin tahu bagaimana isi CV yang baik, seperti apa contoh-contohnya, apa saja
yang harus ditulis dalam CV, dan tips-tips CV lainnya. Kami sarankan anda untuk
hadir!
Sekaligus “Menyelam
minum air” yang artinya “Sembari anda melamar kerja, anda juga mendapatkan
bekal ilmu dalam mencari pekerjaan”.
Jadi, sampai ketemu
di Selasa dan Kamis yaaaa…. !!!!
yang menjadi perbedaan di contoh mengenai 1. Menempatkan tahun pengalaman kerja, organisasi, dan pendidikan dari yang paling awal, apa ya????
BalasHapusTolong diperhatikan ya...
Terimakasih.
Halo Putra Dolok,
HapusWah, anda memang seorang yang teliti! Hebaaaatt!
Anda satu-satunya pembaca yang memperhatikan hal tersebut dan berkomentar! Hebaaatt!
Terima kasih atas partisipasinya :) :) :) :)