Tips Mencari Kerja di Internet #2

Selamat pagi jobseekers!

Salam Mitra!!

Apabila kemarin di awal bulan kami sudah pernah memberikan beberapa tips pertama dalam link ini: Tips Mencari Kerja di Internet #1, berikut ini kami berikan tips lanjutan yang dapat membantu anda dalam mencari kerja di internet!

1. Siapkan CV dan Resume
Memang, mencari kerja di internet itu jauh lebih mudah daripada kita mencari kerja secara manual atau dengan mengikuti Jobfair; akan tetapi perlu diingat bahwa saat anda akan melamar kerja, jadikan seluruh file lamaran kerja anda berikut ijazah dan surat kelengkapan lainnya menjadi soft copy atau masukan ke komputer. Jadi apabila sebelumnya CV anda ditulis tangan, segera lah diketik dan masukan ke dalam folder yang sesuai di komputer anda. 

 

Untuk tips-tips dalam CV, anda dapat melihat artikel kami tentang kesalahan-kesalahan dalam CV dalam link berikut: 5 Kesalahan Teknis Paling Umum dalam CV

2. Menggunakan situs pencari kerja
Dunia internet sangat luas. Begitu banyak website atau situs yang sebenarnya dapat membantu anda dalam mencari kerja, seperti Jobstreet, JobsDB, JOFOM, Monster, dan banyak lagi macamnya. Situs-situs seperti ini umumnya meminta kita untuk meng-upload CV dan menulis tentang biodata kita. Ikuti langkah-langkahnya dan melamar kerja pun akan jadi lebih mudah.


Nah, tapi perlu diingat bahwa anda harus tetap hati-hati dan waspada karena banyak juga perusahaan-perusahaan fiktif yang berkeliaran dalam situs-situs tersebut. Jadi saat anda akan melamar pekerjaan, dibaca baik-baik nama perusahaannya dan cari lah nama perusahaan tersebut menggunakan Google. Kemudian bagaimana apabila nama perusahaannya “Rahasia” atau “Company Confidential”? Saran kami, jangan melamar ke perusahaan dengan nama seperti itu karena kita tidak tahu perusahaan apakah mereka dan dapat menyalahgunakan biodata kita untuk berjualan Multi Level Marketing atau asuransi.

3. Menggunakan Google
Peradaban manusia modern ini sangat terbantu kehidupannya berkat adanya situs pencari terbesar di seluruh dunia. Apapun yang ada di internet, Google masih sanggup untuk mencarinya, termasuk lowongan pekerjaan. Caranya bagaimana?

Mudah sekali. Misalkan anda memiliki latar belakang akuntansi atau accounting; anda tinggal mengetik “lowongan kerja akuntansi” atau “lowongan kerja accounting” seperti contoh berikut: 


Kemudian misalnya anda ingin mencari lowongan kerja yang sesuai dengan domisili anda, maka anda dapat mengetikan lokasi anda di ujung kalimat. Contoh:



Terakhir, anda ingin mencari pekerjaan yang spesifik di sebuah perusahaan incaran, Maka anda dapat menuliskan “lowongan (nama perusahaan) indonesia”. Contoh:



Akan tetapi perlu diingat lagi bahwa diluar sana masih banyak sekali orang-orang yang tidak bertanggungjawab dan dapat menipu anda. Yang jelas, apabila anda menemukan sebuah lowongan dan meminta anda untuk mengirimkan CV lewat e-mail, jangan lupa untuk memperhatikan domain-nya. Apa itu domain? Hal ini sudah dibahas dalam artikel kami di link berikut: Tips Mencari Kerja di Internet #1.

4. Jangan tergoda dengan iming-iming gaji atau materi
Banyak lowongan pekerjaan diluar sana yang menjanjikan gaji jauh diatas ekspektasi dan memberikan iming-iming yang membuat kita tergiur. Contoh:  


Dari iklan diatas terlihat bahwa mudah sekali untuk mendapatkan uang jutaan rupiah. Tapi perlu diperhatikan karena iklan-iklan seperti ini biasanya meminta anda membayarkan sejumlah uang dulu saat anda baru datang untuk interview (biasanya sebagai uang administrasi atau anda membeli produknya karena yang seperti ini umumnya adalah sebuah Multi Level Marketing [MLM]) 

5. Persiapkan diri anda saat dipanggil interview
Saat anda sudah melamar kerja yang didapat dari internet  kemudian dipanggil untuk wawancara; langkah pertama yang harus anda lakukan adalah: (tidak bosan-bosan kami tekankan) cari nama perusahaannya di Google! Apabila perusahaan yang dimaksud memang merupakan sebuah perusahaan yang jelas, maka cari tahu bidang bisnis perusahaan tersebut!

Apabila anda sudah mempelajarinya, dan anda akan datang interview, persiapkan diri anda dengan segalanya!

Seperti yang anda ketahui, kami, PT Mitra Kerja Utama selalu membuka:

Walk-in Interview
Setiap hari Selasa dan Kamis
Jam 08.00 – 12.00
Bertemu dengan Ibu Echie/Yani/Veren

Nah, dalam setiap sesi tersebut, kami juga selalu menyisipkan sebuah sesi pelatihan GRATIS dengan tema yang berbeda-beda. Kebetulan untuk sekarang tema pelatihan yang kami sajikan adalah:

“Menaklukan Wawancara Kerja”

Dimana dalam sesi ini membahas dari sisi penampilan saat interview, cara menjawab, dan berbagai tips lainnya yang sangat berguna bagi anda.

Jadi selain anda mendapatkan kesempatan untuk bekerja, anda juga akan mendapatkan ilmu yang sangat berharga dan akan sangat berguna bagi anda ke depannya.
 
Sekian dari kami, semoga tips-tips ini dapat sangat berguna bagi teman-teman pencari kerja diluar sana!

Ingat, Never Give Up!

Salam Mitra :)

Komentar

Postingan populer dari blog ini

SALES MEDIA CETAK (SURABAYA DAN MALANG)

Teknisi Jaringan

SALES EXECUTIVE ( Area Surabaya )