Bagaimana rasanya saat interview kerja? Ini hasil survei kami!

Sumber Gambar
Salam Mitra! 

Apa kabarnya jobseeker sekalian! Lama kita tidak berjumpa ya!

Bagaimana dengan progress pencarian kerja? Sudah ada kemajuan ataupun tidak, jangan lupa bahwa semua itu adalah bagian dari proses ya :)

Seperti yang sudah anda ketahui, kami selalu membagikan ilmu tentang tips-tips interview di sela rangkaian Walk-in Interview setiap Selasa dan Kamis melalui training. Melalui sesi ini, kami juga melakukan survei pada kandidat selama kurang lebih dua bulan dengan keseluruhan jumlah partisipan yang mengikuti survei ini adalah 311 partisipan. Sebelumnya kami berhasil melakukan survei pada kandidat berdasarkan demografis seperti yang tertulis dalam artikel berikut: Tahukah anda bahwa........?

Survei yang dimulai akhir bulan Oktober hingga Bulan Desember ini mengambil tema tentang apa yang dirasakan, apa saja yang dipersiapkan, dan bagaimana training tentang tips-tips interview ini mempengaruhi perasaan kandidat. Kebanyakan jawaban bersifat naratif deskriptif atau dengan kata lain terlalu panjang :D Sehingga kami menggunakan metode bracketing atau bahasa mudahnya “kategorisasi” dalam mengelompokkan jawaban ke dalam kategori-kategori tertentu. 

Untuk lebih jelasnya, berikut penjabaran survei kami:



1. Frekuensi
Ternyata dari hasil survei yang kami lakukan, dari 176 peserta yang ikut berpartisipasi, ternyata angka tertinggi yaitu sebanyak 67 partisipan atau sebesar 38% adalah partisipan yang masih fresh graduate atau baru memiliki pengalaman interview sebanyak 1-3 kali pengalaman. Kemudian di tempat kedua, sekitar 60 partisipan atau sebesar 34% adalah partisipan dengan pengalaman sebanyak 4-6 kali interview kerja.

Sedangkan untuk partisipan dengan jumlah pengalaman interview paling sedikit atau yang bisa dibilang sebagai veteran (diatas 10 kali pengalaman interview kerja) menduduki tempat terakhir dengan jumlah sebesar 40 partisipan atau 22%. 

Berikut infografiknya:

 

2. Apa yang pertama terlintas di pikiran anda begitu mendengar kata “Interview”?
Dari kebanyakan partisipan yang ikut dalam survei ini, sebanyak 19% menganggap interview adalah sebuah pertanyaan, baru kemudian sekitar 13% partisipan merasa bahwa interview adalah sebuah tes yang diperlukan dalam mendapatkan kerja. Kemudian sekitar 12% partisipan ternyata merasa senang dan semangat begitu mendengar kata “interview”; selain itu sekitar 10% partisipan menganggap interview adalah sebuah kesempatan untuk ‘menjual diri’.

Akan tetapi, hanya 4% partisipan yang merasa yakin, siap, dan percaya diri untuk menghadapi interview. Kemudian dari infografik dibawah, dapat dilihat juga bahwa 5% partisipan merasa cemas, panik, dan bingung begitu mendengar kata “interview”. Selain itu 8% partisipan juga merasa tegang dan takut saat mendengar kata magis tersebut. 

Untuk lebih jelasnya, silahkan lihat gambar ini:

 

3. Apa yang harus dipersiapkan saat akan interview?
Dari 311 partisipan, 34% menyatakan bahwa hal yang paling penting untuk dipersiapkan adalah dari faktor psikologis; yaitu mental, kepercayaan diri, dan persiapan diri. Kemudian penemuan kami juga mengejutkan, karena dari 311 partisipan hanya 15% yang mempelajari perusahaan incaran sebagai persiapan dalam menghadapi interview. Jangan-jangan teman-teman jobseeker pun begitu? Tidak pernah mempelajari perusahaan incaran?

Kemudian 19% peserta mempersiapkan cara berbicara, penampilan, dan sikap saat akan interview; akan tetapi untuk cara berbicara seperti apa, atau sikap yang seperti apa yang dimaksud, kami tidak begitu paham. 

Penemuan kami selanjutnya juga cukup menakjubkan, karena ternyata dari 311 partisipan, ternyata masih ada mereka yang tidak melakukan persiapan apapun sebelum menghadapi interview (sebesar 1%)!

Agar anda dapat memahami lebih jauh, silahkan lihat infografiknya berikut ini:



4. Apa yang dirasa saat akan interview?
Khusus untuk pertanyaan ini, kami membagikan soal tersebut dua kali; yang pertama sebelum sesi training tips-tips interview dimulai, dan yang kedua setelah sesi training berakhir. Jumlah partisipan yang berbeda pada sebelum dan sesudah training (diwakilkan dengan huruf ‘n’) dikarenakan ada beberapa kandidat yang tidak berpartisipasi pada pertanyaan setelah sesi training (kebanyakan tidak diisi).

Menurut hasil survei ini, ternyata sesi training kami terbukti bermanfaat bagi para kandidat; karena yang tadinya 77% partisipan merasa gugup, cemas, tidak yakin, takut, dan segala hal negatif, setelah sesi training angka tersebut menurun drastis dengan persentase hanya sebesar 17%. Kemudian karena mungkin diakibatkan oleh ketegangan saat akan interview, hanya 12% dari peserta yang merasa senang, semangat, puas, siap, dan segala hal positif sebelum sesi training dimulai; setelah sesi, ternyata angka tersebut meningkat drastis yaitu 42% dari partisipan merasa lebih senang, percaya diri, siap, dan sebagai hal positif! Luar biasa bukan?

Salah satu yang perlu diperhatikan adalah bagaimana ilmu dalam sesi training tersebut dapat berguna baik di PT Mitra Kerja Utama walaupun di perusahaan lainnya. Intinya, kami berharap ilmu tersebut dapat anda terapkan dimanapun anda dihadapkan oleh tes interview untuk mendapatkan pekerjaan impian. Hal ini kemudian disepakati oleh 15% partisipan setelah sesi training yang setuju bahwa ilmu yang didapat dalam sesi tersebut pasti bermanfaat.

Berikut ini adalah infografiknya: 


Nah, itu adalah beberapa hasil survei yang kami lakukan pada peserta Walk-in Interview yang mengikuti sesi training tips-tips interview. Semoga teman-teman jobseeker bisa memetik pengetahuan dari artikel ini ya.
Kemudian jangan lupa, kami selalu membuka:

Walk-in Interview dan Training
Setiap hari Selasa dan Kamis
Jam 08.00 – 12.00
Bertempat di PT Mitra Kerja Utama
Wisma 76 Lantai 18
Jl. S. Parman Kav. 76
Slipi – Jakarta Barat

Jadi, apabila anda ingin ikut mendapatkan ilmu dalam sesi training tips-tips interview, jangan lupa untuk hadir ya! Selain anda mendapatkan kesempatan untuk mendapatkan kerja, anda juga dapat mendapatkan ilmu yang sangat bermanfaat! Jadi tunggu apa lagi? Ayo ikutan!

PS: Anda ingin survei yang anda inginkan dimuat disini? Beri saran tema survei yang menurut anda sesuai di kolom komentar! Yang terpilih akan kami realisasikan dengan serius loh! Tapi ingat ya, temanya harus berhubungan dengan kegiatan mencari kerja atau sebagai seorang jobseeker. Jadi ayo ikutan!

Komentar

Postingan populer dari blog ini

SALES MEDIA CETAK (SURABAYA DAN MALANG)

Teknisi Jaringan

SALES EXECUTIVE ( Area Surabaya )