BERUBAH atau PUNAH



Perubahan adalah salah satu hal yang abadi di dunia ini. Setiap hari dunia pasti berubah. Kemampuan kita untuk merespon perubahan sangat menentukan kita mampu bertahan dan sukses atau malah tergilas perubahan dan tertinggal.

NOKIA dulu menyebut ANDROID sebagai semut kecil merah yang mudah digencet dan mati. Arogansi dan rasa percaya diri yang berlebihan membuat Nokia terjebak dalam innovator dilema. Sejarah mencatat, yang kemudian mati justru Nokia, tergeletak kaku dalam kesunyian yang perih.
KODAK menyebut kamera digital hanyalah trend sesaat, dan kamera produksi mereka akan terus bertahan. Kodak terjebak halusinasi dan innovator dilema yang akut. Akibatnya, kodak tergilas dan tertindas.

INTEL dan MICROSOFT (dominasi yang dulu dikenal dengan duo Wintel) terlalu menikmati kekuasannya dalam dunia PC dan Laptop, dan pelan-pelan terjebak innovator dilemma. Mereka terbuai dengan kekuasaannya, dan lengah betapa dramatis kecepatan kemajuan era mobile computing. Kini era PC/Laptop sudah hampir berakhir, diganti era mobile smartphone.

NOKIA kolaps dihantam IPHONE di tahun 2007, padahal produsen iPhone bukan perusahaan telekomunikasi, namun dari industri komputer.

Koran dan majalah mati bukan karena sesama rivalnya, namun karena Facebook dan Social Media (remaja dan anak muda tak lagi kenal koran/majalah kertas. Mereka lebih asyik main Path, Instagram atau Facebook.

Televisi seperti RCTI, Trans dan SCTV kelak akan kolaps bukan karena persaingan sesama pemain di industri yang sama, tapi dari makhluk bernama YOUTUBE. Di Amerika, jumlah pemirsa televisi dikalangan anak muda dan remaja, menurun drastis. Dan semua lari ke Youtube.

Industri taksi seperti BLUE BIRD goyah bukan karena pesaing sesama taksi, namun dari layanan taksi independen berbasis aplikasi. Di banyak negara, banyak perusahaan taksi konvensional mati digilas UBER dan layanan taksi berbasis aplikasi lainnya. Dan kini produsen TOYOTA, BMW dan MERCEDES BENZ takut bukan karena persaingan sesama mereka. Namun karena kehadiran TESLA, yang entah dari mana tiba-tiba melakukan inovasi radikal dengan produk mobil berbasis elektrik, dengan teknologi mobil tanpa sopir atau otonom (Autopilot Hardware). (Mobil seri Tesla3 terjual hingga 300 ribu unit hanya dalam dua hari, padahal unitnya baru dirilis 2018. Jadi indennya dua tahun).

PIZZA HUT terus menerus mengenalkan menu baru setiap enam bulan. Sabun LIFEBOY ber-kali-kali melakukan rejuvenasi. FACEBOOK dan BUKALAPAK juga selalu melakukan evolusi.

Ya, hal yang paling berbahaya adalah tidak mau berubah. Itu menghambat kita untuk maju dan meraih impian kita. Tidak mau berubah karena terlanjur nyaman dengan yang biasa kita lakukan, karena itu paling mudah dikerjakan, dan karena tidak butuh usaha yang besar. Padahal dunia sekitar kita terus berubah dan akan meninggalkan semua yang tidak mengikuti perubahannya.

Kalau kata Kotaru Minami (Ksatria Baja Hitam) : Jika tidak berubah maka aku akan kalah."

Jadi... Mari Berubah!!

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Teknisi Jaringan

SALES MEDIA CETAK (SURABAYA DAN MALANG)

SALES EXECUTIVE ( Area Surabaya )